Gejala Kanker Payudara

Gejala Kanker Payudara - Kanker Payudara atau (karsinoma payudara) adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam jaringan payudara. Jenis kanker ini sering terjadi pada wanita dan prosentase terbesar penderita adalah wanita di atas 40 tahun. Akan tetapi kanker payudara juga tidak menutup kemungkinan akan terjadi pada kaum pria, hanya saja dalam hal ini kasusnya sangat jarang sekali terjadi.


Gejala-Gejala Kanker Payudara

Ada beberapa gejala kanker payudara yang dapat di deteksi secara pribadi di antaranya adalah :

  •  Adanya benjolan pada payudara yang dapat di ketahui dengan diraba.
  •  Perubahan pada puting susu seperti gatal, terasa terbakar, dan tertarik ke dalam (retraksi).
  •  Perubahan bentuk dan ukuran pada payudara.
  •  Adanya luka di sekitar puting susu dan sekitarnya yang sukar sembuh.
  •  Adanya cairan (darah atau nanah-berwarna kuning sampai kehijauan) yang keluar dari puting susu.
  •  Bila payudara dalam posisi menggantung maka tampak seperti tinggi sebelah.
  •  Pada stadium lanjut bisa timbul nyeri tulang, penurunan berat badan, pembengkakan lengan atau ulserasi kulit.
  • Apabila anda merasakan gejala-gejala seperti tersebut di atas segera lakukan pemeriksaan payudara Anda ke dokter untuk di periksa lebih lanjut agar bisa segera ditangani dengan baik dan segera.

  • Untuk mendeteksi secara dini, dapat dilakukan pemeriksaan sendiri pada payudara setiap 5-7 hari setelah masa menstruasi, dengan mammografi (pemeriksaan dengan sinar X), atau dengan biopsi (mengangkat sedikit jaringan kelenjar susu untuk diagnosis). Apabila hal ini di ketahui lebih dini maka prognosis ( ramalan penyakitnya ) akan jauh lebih baik dan penderita tidak perlu kehilangan payudara tetapi hanya di lakukan operasi pengangkatan tumor saja sehingga pengobatan bisa di lakukan lebih sempurna


Dengan teknis pemeriksaan Mammografi yang sangat sederhana, tanpa rasa sakit dan dalam waktu yang sangat singkat hasil pemeriksaan dengan validasi hasil sampai dengan 85 % dapat segera di ketahui. Info tentang Mammografi bisa di lihat di Apa itu Mammografi.
Frekuensi kasus penyakit ini relatif tinggi di negara maju dan merupakan yang terbanyak diderita dari jenis kanker lainnya.

Oleh karena itu perlu kita waspadai tentang keberadaannya. itulah di atas artikel mengenai gejala kanker payudara, semog bermanfaat kepada pembaca semua.